Selasa, 22 April 2014

Belajar Bahasa indonesia [SD]

TEORI PEMEROLEHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

1.Pemerolehan Bahasa Pertama
Strategi Pemerolehan Bahasa Pertama
a. Imitasi (Meniru)
b. Produktivitas: pemerolehan melalui sarana
komunikasi linguistik dan nonlinguistik
c. Umpan Balik
d. Prinsip Operasi: Gunakan beberapa prinsip
operasi untuk menggunakan bahasa. Hindari
prinsip khusus.
2. Pemerolehan Bahasa Kedua
Perbedaan PBP dan PBK
CIRI PBP
CIRI PBK
Belajar tidak disengaja
Belajar disengaja
Berlangsung sejak lahir
Berlangsung di sekolah
Lingkungan keluarga sangat menentukan
Lingkungan sekolah sangat menentukan
Motivasi ada karena kebutuhan
Motivasi belajar tidak sekuat PBP
Banyak waktu
Waktu terbatas
Banyak kesempatan berkomunikasi
Tidak banyak kesempatan
PBP mempengaruhi PBK
Berlangsung lama karena umur kritis telah lewat
Terdapat alat bantu belajar
Ada yang mengorganisasikannya

PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
Usia Tahap Perkembangan Bahasa
0,0 –0,5 Tahap Meraban (Pralinguistik) Pertama
0,5 –1,0 Tahap Meraban (Pralinguistik) Kedua: Kata nonsense
1,0 –2,0 Tahap Linguistik I: Kalimat satu kata
2,0 –3,0 Tahap Linguistik II: Kalimat dua kata (pivot grammar)
3,0 –4,0 Tahap Linguistik III: Pengembangan Tatabahasa
4,0 –5,0 Tahap Linguistik IV: Tatabahasa Pradewasa
5,0 –Tahap Linguistik V: Kompetensi penuh

PRINSIP DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA
•Humanisme
-Kesamaan bekal
-Perilaku bermotif dan berminat
-Manusia memiliki kekhasan
•Progresivisme
-Daya kreatif
-Pemecahan secara baru
•Konstruktivisme
-Proses belajar sebagai kreativitas dalam menata serta menghubungkan pengalaman dan pengetahuan hingga membentuk suatu keutuhan
Whole Language
KonstruktivismeInkuiri
Komunikatif
Tematis-Integratif
•Membaca Permulaan dan Membaca Lanjut
•Menulis Permulaan dan Menulis Lanjut
•Menyimak dan Berbicara di SD

PENGERTIAN
Sastra anak adalah sastra yang mencerminkan
Perasaan dan pengalaman anak-anak
Melalui pandangan anak-anak (Norton, 1993)MANFAAT INTRINSIK
1.Memberi kesenangan, kegembiraan, dan kenikmatan
2.Mengembangkan imajinasi anak dan membantu untuk mempertimbangkan dan memikirkan alam, lingkungan, kehidupan, pengalaman atau gagasan dengan berbagai cara3. Memberikan pengalaman baru yang seolah dirasakan dan dialaminya sendiri4. Mengembangkan wawasan kehidupan anak menjadi perilaku yang manusiawi 5. Menyajikan dan memperkenalkan anak terhadap pengalaman universal6. Meneruskan warisan sastra

MANFAAT EKSTRINSIK
1.Perkembangan bahasa
2.Perkembangan kognitif
3.Perkembangan kepribadian
4.Perkembangan sosial
•Jenis Puisi untuk Anak-anak
-Balada
-Puisi Naratif
-Puisi Liris
-Puisi Limerik
-Puisi Haiku
-Sajak Bebas dan Akrostik
-Ciquain
•Cerita Bergambar
•Cerita Rakyat
•Cerita Binatang (Fabel)
•Cerita Noodlehead
•Cerita Keajaiban
•Cerita Fantasi
•Fiksi Ilmu Pengetahuan
•Cerita Sejarah
•Biografi

LAYANG-LAYANG
Kuambil bambu sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang
Bermain berlari, bermain layang-layang
Bermain kubawa ke tanah lapang
Hati gembira dan riang

BERMAIN PANTUN
…………………………
Bayangan bulan di dalam kendi
Ada anak berbau domba
Sudah sebulan tak mandi-mandi

Terima kasih atas kunjungannya . . .

Visit :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar